Mengenal apa itu vertical garden

Pada Kesempatan kali ini akan memberikan sedikit gambaran apa itu vertikal Garden

vertical-garden-5

Di era modern saat ini kepopuleran vertikal garden tidak lepas dari seorang ahli botani bernama Pattrick Blanc yang memberikan inovasi-inovasi baru sehingga mengenal lebih banyak tentang jenis tanaman dan habitatnya sehingga dapat diekploitasi aneka tebing di penjuru dunia, mulai dari tebing di Amazon (Amerika Latin), Tebing di pulau Phi Phie di Phuket (Thailand) hingga sampai pada Gunung gede Pangrango di pulau Jawa.

Penataan taman vertikal adalah susunan tanaman yang disusun sedemikian rupa dalam bidang yang tegak lurus atau mendekati  tegak lurus sebagai taman dalam waktu yang relatife lama. Dalam penataannya tetap memadukan unsur softscape (tanaman) dan unsur hardscape (bebatuan, besi, stepping stone, dan lain-lain).

Tanaman yang digunakan merupakan tanaman yang mudah ditemui, merupakan tanaman yang umum dan mudah dikembangkan sehingga supplai tanaman tidak perlu dikhawatirkan. Tanaman yang dipilih biasanya tanaman yang disesuaikan dengan vertical garden yang akan dibuat apakah penempatannya di dalam ruangan atau penempatannya di luar ruangan.

Pemeliharaan sangat mudah, umumnya dilengkapi dengan sistem pengairan otomatis sehingga penyiraman tanaman dilakukan secara otomatis, selama sumber air untuk pompa tersedia dengan baik. Pemupukan biasanya dilakukan pada saat melakukan penyiraman. Taman vertikal juga menjadi sumber udara bersih untuk lingkungan sekitarnya dengan memberikan supplai oksigen yang dihasilkan dari daun-daun dari tanaman yang ditanam di vertical garden tersebut.Vertical Garden akan mengubah lingkungan sekitarnya, bila diletakkan di dalam ruangan, akan memberikan nilai tambah pada ruangan tersebut, serta menambah nilai estetika lingkungan sekitarnya.